Aneka Status Penerbangan Pesawat Terbang


Aneka-Status-Penerbangan-sarana-tiket

Aneka status penerbangan pesawat terbang adalah menunjukkan kondisi atau persiapan penerbangan yang akan Anda naiki. Penting untuk mengetahui status penerbangan begitu tiba di bandara. Anda akan mengetahui apakah penerbangan kali ini tepat waktu, delayed, atau mungkin dibatalkan.

Selain melihat langsung di bandara, Anda juga bisa mengetahui status penerbangan lewat beberapa situs. FlightStats adalah salah satunya. Menggunakan situs ini, Anda bisa mengetahui posisi pesawat terbang yang dinaiki teman atau keluarga. Dengan memasukkan nomor penerbangan, Anda akan mengetahui status atau posisi pesawat tersebut.

Ada beberapa status penerbangan yang perlu Anda ketahui dan pahami. Dari situs FlightStats yang dikutip Saranatiket.com

1. Scheduled (S)

Penerbangan dengan status Scheduled (S) berarti memiliki waktu keberangkatan dan kedatangan sesuai jadwal. Penerbangan dalam status ini bisa berubah sewaktu-waktu menjadi Cancelled (C), Active (A), atau Unkonwn (U).

2. Boarding

Saat melihat papan di bandara dan penerbangan Anda bertuliskan Boarding, saatnya bergegas ke boarding gate. Ini berarti penumpang sedang memasuki pesawat.

3. Active (A)

Penerbangan dengan status Active (A) berarti pesawat sudah mengudara. Status ini bisa berubah menjadi Unknown (U), Landed (L), atau Redirected (R). Biasanya, penerbangan dengan status ini sedang menunggu ketersediaan tempat atau lahan parkir di bandara.

4. Unknown (U)

Penerbangan dengan status Unknown (U) berarti keberadaan atau ketersediaan pesawat tidak terdeteksi. Ini bisa terjadi ketika pesawat tidak berubah statusnya dalam waktu yang terlampau lama.

5. Redirected (R)

Redirected (R) berarti pesawat sedang mengudara kemudian mengubah rute menuju bandara lain. Ini bisa terjadi karena berbagai hal, misal kondisi cuaca atau kendala pada mesin pesawat. Jika pesawat telah mendarat di bandara tersebut, statusnya akan berubah menjadi Diverted (D).

6. Diverted (D)

Diverted (D) berarti pesawat telah mendarat di bandara yang tidak terjadwal sebelumnya. Berkaitan dengan status sebelumnya, hal ini bisa terjadi saat pesawat mendarat darurat karena beragam kendala.

7. Landed (L)

Landed (L) berarti pesawat telah mendarat di bandara yang terjadwal.

8. Delayed (D)

Ini status yang paling sering menjadi masalah di bandara-bandara Indonesia. Delayed (D) berarti penerbangan harus ditunda karena beberapa kendala. Bisa karena cuaca, bisa karena ketidaksiapan pesawat, atau keberadaan pesawat yang masih dalam status Active (A).

9. Cancelled (C)

Sebenarnya ada yang lebih “mengerikan” dibanding status Delayed (D). Jika penerbangan Anda berstatus Cancelled (C), berarti Anda batal terbang. Penerbangan dibatalkan dan Anda harus menunggu untuk informasi selanjutnya.

10. No Operation (NO)

Status No Operation (NO) biasanya terjadi saat pesawat datang di luar jadwal kedatangan dan keberangkatan bandara. Hal ini cukup jarang terjadi dalam dunia penerbangan.

11. En Route

Status En Route berarti pesawat sedang berada dalam perjalanan menuju bandara tujuan

10. On Time

Maskapai yang dijadwalkan tiba tepat waktu dan dapat melakukan penerbangan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.

Selain dari status di atas penerbangan, tidak jarang jika Anda dibuat bingung ketika mendapatkan istilah penerbangan seperti ini:

  • Departure
    Departure merupakan jadwal atau waktu keberangkatan yang sudah ditetapkan. Ini juga dapat Anda lihat melalui tiket penerbangan yang Anda booking.

 

  • Arrivals
    Arrivals dapat dikatakan sebagai waktu tiba atau waktu kedatangan sebuah maskapai di gate yang telah terjadwal.
    Ketika Anda memeriksa jadwal penerbangan, pastikan bahwa departure, arrivals sebagai jadwal keberangkatan pesawat Anda sudah tepat. Selain itu, pastikan juga Anda sudah memeriksa kode maskapai dan flight number maupun destinasi Anda. Sehingga tidak ada alasan lagi Anda
    tertinggal pesawat hanya karena keteledoran.

 

  • Boarding
    Boarding merupakan masuknya penumpang ke kendaraan yang dimulai dengan memasuki pesawat dan berakhir ketika penumpang sudah berada di tempat duduk sesuai dengan tiket pesawat yang sudah di-booking sebelumnya. Panggilan boarding di bandara menandakan bahwa penumpang harus segera menuju gerbang keberangkatan dan naik pesawat. Ini terjadi setiap satu jam atau tiga puluh menit sebelum jadwal keberangkatan pesawat (tergantung dengan ukuran pesawat dan jumlah penumpang).

 

Tinggalkan komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *