6 Tips Cara Naik Pesawat Terbang Bagi Pemula


6 Tips Cara Naik Pesawat Terbang Bagi Pemula

5 Tips Cara Naik Pesawat Terbang Bagi Pemula

6 Tips Cara Naik Pesawat Terbang Bagi Pemula

Mungkin sebagian orang yang baru pertama kali bepergianmenggunakan naik Pesawat Terbang akan sedikit bingung dengan segala prosedur yang wajib dilakukan saat akan naik Pesawat Terbang. Pertama mulai dari memasuki bandara pesawat terbang tempat kita mengawali perjalanan hingga saat kita turun dari pesawat keluar sampai bandara tujuan. Karena prosedur saat naik Pesawat Terbang sangat berbeda dan ketat dan cenderung lebih rumit dibandingkan dengan transportasi darat ataupun laut. Dan ini tips untuk kamu yang baru pertama bepergian menggunakan pesawat terbang.

1. Datanglah 2 jam sebelum jadwal keberangkatan

Jangan sampai datang saat pesawat akan take off apalagi terlambat, maka tiket pesawat kamu akan dinyatakan hangus. Jadi, biasakan datang ke bandara dua jam sebelum waktu keberangkatan yang tertera dalam tiket pesawat kamu. karena kamu akan melewati beberapa prosedur selanjutnya. Tak sedikit para penumpang akan tergesa-gesa karena datang terlalu mepet dengan jadwal keberangkatan.

2. Pemeriksaan Keamanan

Biasanya di Bandara akan dilakukan pemeriksaan keamanan hingga dua kali.
Saat masuk ke bandara untuk check in, kamu bakal melewati metal detector dan diminta melepas semua benda yang mengandung logam dari tubuh kamu, seperti arloji, korek, ponsel (handphonep) dll. Jangan sampai membawa barang yang tidak dianjurkan pihak bandara karena akan sangat merugikan kamu saat harus berhadapan dengan petugas keamanan bandara.

Pemeriksaan keamanan yang kedua saat masuk ruang tunggu sebelum naik pesawat.
Metal detector akan kamu lewati dan di sini fokus pada pemeriksaan benda cair yang kamu bawa. Jangan membawa benda cair melebihi 100 ml ke dalam kabin ,karena bisanya pihak keamanan bakal mengambil barang bawaan kamu. Jadi kesimpulannya taati peraturan yang ada di bandara apabila kamu tidak ingin barang bawaan kamu disita petugas keamanan.

Mengapa Demikian..?

Karena semua hal tersebut adalah demi keselamatan penerbangan pesawat terbang umumnya dan penumpang pada khususnya. Jadi harap bawah seperlunya saja atau tidak sama sekali membawah  bahan cair, logam runcing dan barang elektronik biasanya mesti di packing terlebih dahulu itu pun kalau di perbolehkan terbang oleh petugas bandara.

3. Check In

Check in merupakan prosedur resmi dimana pihak maskapai akan mencatat setiap penumpang
yang datang ke dalam data manifes penerbangan. Carilah loket check in sesuai nama maskapai
kamu, kemudian antri dengan tertib. Di sini, kamu akan dimintai tiket atau print out tiket elektronik. Kamu juga akan diminta tanda bukti identitas seperti KTP atau paspor bagi yang terbang ke luar negeri. Barang yang kamu bawa juga akan ditimbang sebelum masuk bagasi, jangan sampai membawa barang bawaan yang melebihi kapasitas ( biasanya 20 kg ) atau lihat maksimal berat bagasi yang ada di tiket. Dalam proses check in, kamu akan diberikan boarding pass sebagai tanda masuk ke dalam pesawat dan nomor tempat duduk

4. Proses Imigrasi

Buat kamu dengan tujuan luar negeri, tahapan selanjutnya adalah proses imigrasi. Di sini,
data paspor kamu akan dicek dan mencocokkan foto paspor dan wajah kamu, selanjutnya mereka
akan memberikan cap stempel keberangkatan pada buku paspor kamu.

5. Boarding Pass

Jangan bingung saat Proses Boarding Pass, perhatikan boarding pass yang kamu dapatkan
saat check in tadi. Di situ ada petunjuk ruang dan gate mana kamu harus menunggu pesawat.
Perhatikan juga jam boarding dan jam terbang pesawat. Jika sudah, menunggulah di ruang
boarding yang telah ditentukan.

6. Duduk di pesawat

Setelah menunggu, panggilan pesawat pun tiba. Kamu dan penumpang lainnya bersiap mengantri naik ke pesawat. Ada beberapa opsi bagaimana kamu masuk ke pesawat. Bisa dengan menggunakan garbarata/belalai, turun ke landasan kemudian naik tangga khusus, atau naik bus yang
disediakan lebih dulu. Carilah tempat duduk kamu sesuai nomor pada boarding pass.
Letakkan bawaan kamu di kompartemen di atas tempat duduk dengan rapi.
Biasakan untuk langsung memakai sabuk pengaman dan segera matikan ponsel kamu.
Duduk dengan tenang dan perhatikan petunjuk keselamatan penerbangan yang diperagakan
awak kabin.

Nikmatilah perjalanan kamu hingga ke tempat tujuan. Semoga tips ini bisa membantu kamu yang baru pertama kali bepergian naik pesawat terbang. Happy Travelling !!

Tinggalkan komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *